Rabu, 13 Maret 2013

Etika Baik & Buruk



Terjadi disalah satu jalan di bilangan Tebet, Jakarta. Disaat waktu berangkat kerja sebagian jalan di Jakarta memang mengalami kemacetan parah. Bebarapa pengguna kendaraan bermotor sampai menaiki trotoar untuk menghindari kemacetan. Tapi hal ini justru memperparah keadaan. Jalanan menjadi tidak teratur. Ditambah dengan sikap pengguna jalan yang tidak mau mengalah. Jika masyarakat tertib dan teratur hal ini tidak akan terjadi.

 
Terjadi ketika saya menaiki angkutan umum sepulang kuliah. Murid SMP dengan seenaknya merokok di dalam angkutan umum. Padahal dengan jelas pemerintah melarang merokok di dalam angkutan umum. Hal ini sangat mengganggu penumpang lainnya. Merokok di dalam angkutan umum sangat berbahaya bagi penumpang lain, apalagi jika di dalam angkutan umum tersebut ada anak kecil atau ibu hamil. Pemerintah harus lebih tegas dalam peraturan merokok di tempat umum.

 
Terjadi di salah satu jalan di Jakarta Pusat dimana sebuah mobil melanggar rambu-rambu lalu lintas yang dengan jelas dilarang untuk berputar arah. Hal ni cukup sering terjadi di jalanan. Masyarakat memilih jalan pintas dengan memutar arah sembarang. Kebiasaan buruk ini dapat menyebabkan kemacetan dan juga keselamatan pengguna jalan. Tidak heran banyak kecelakaan lalu lintas yang terjadi karena pengguna jalan yang tidak menaati rambu-rambu yang ada. Seharusnya polisi lalu lintas tegas dalam hal ini. Jika dibiarkan, akan semakin banyak pengguna jalan yang seenaknya.


Terjadi di salah satu pukesmas Sawangan. Terlihat beberapa orang mengantri di loket. Budaya antri ini harus dilakukan oleh orang indonesia mengingat dewasa ini banyak sekali orang yang malas dan tidak sabar untuk mengantri. Padahal dengan mengantri dapat mempercepat urusan dan tidak menimbulkan kerusuhan.

 
Terjadi ketika saya menjadi murid SMA. Disekolah saya, setiap pagi para siswa muslim diwajibkan membaca Al-Quran selama 15 menit. Hal ini dilakukan oleh pihak sekolah agar siswanya semakin lancar membaca Al-Quran dan dapat memahami artinya. Juga membiasakan siswa untuk selalu membaca Al-Quran setiap hari agar senantiasa di berkahi oleh Tuhan Yang Maha Esa.
 
Dilakukan oleh salah satu tetangga saya. Membuang sampah pada tempat yang disediakan adalah salah satu perilaku baik mengingat banyak sekali orang yang membuang sampah sembarang sekarangan. Pemerintah sudah menyediakan tempat sampah tapi tidak digunakan dengan baik oleh masyarakat. Dengan membuang sampah pada tempatnya dapat mempermudah bagian PU untuk mengambil sampah dan juga dapat menghindari banjir.

0 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Poskan Komentar