Rabu, 20 Maret 2013

Mengamati Tempat Usaha



           Pada kesempatan kali ini saya mengawasi warung kecil yang ada di dekat rumah saya. Warung yang cukup besar dan menjual berbagai macam barang bahkan sayuran. “Warung Bang Ucok” adalah nama dari warung ini. Menurut pemilik warung nama “ Warung Bang Ucok” di ambil nama salah satu anak mereka, Ucok. Warung Bang Ucok berdiri sudah lama. Pemilik warung tidak ingat pada tahun berapa warung ini dibuka. Warung Bang Ucok sudah ada bahkan sejak saya berada di sekolah dasar.
            Warung Bang Ucok cukup terkenal dilingkungan sekitar karena produknya yang lengkap dan harga yang sesuai. Ada beberapa kebiasaan baik dan buruk dalam Warung Bang Ucok. Berikut saya jabarkan beberapa diantaranya:
  1.  Kebiasaan Baik
  • Barang yang dijual sangat lengkap. Dari kebutuhan sehari-hari seperti sabun dan makanan. Mereka bahkan menjual sayuran fresh. Walaupun sayuran hanya dijual pada pagi hari untuk menjaga kualitas. 
  •  Pemilik warung rajin berbelanja untuk menlengkapi barang yang mereka jual. Saya mengamati setiap pagi pemilik warung akan pergi ke pasar untuk membeli sayuran  yang akan jual. Dan pada siang hari, akan ada kurir yang mengantar barang untuk kebutuhan sehari-hari
  • Selain barang-barang yang lengkap, Warung Bang Ucok juga selalu terlihat bersih dan rapi. Pemilik warung rajin membersihkan warung mereka setiap pagi sehabis mereka berbelanja ke pasar.
  • Warung Bang Ucok selalu tepat waktu dalam membuka & menutup warung mereka. Biasanya warung ini akan buka pada pukul 06.00 WIB, tutup pada pukul 22.00 WIB dan tutup pada hari minggu karena mereka pergi ke gereja. 
  • Terakhir yang saya amati adalah selalu ada orang yang berjaga didalam warung tersebut. Jadi pembeli tidak perlu memanggil-manggil pemilik warung untuk membeli barang.
2.   Kebiasaan Buruk 
  • Walaupun pemilik warung rajin berbelanja untuk melengkapi barang dagangan, tapi pemilik warung tidak ramah kepada pembeli

Demikian kebiasaan-kebiasaan dari tempat usaha yang saya amati. Saya tidak melampirkan foto Warung bang Ucok karena pemilik warung tidak mengizinkan saya mengambil foto warung mereka.

0 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Poskan Komentar