Kamis, 06 Oktober 2011

TORNADO


TORNADO

Tornado adalah kolom udara yang berputar kencang yang membentuk hubungan antara awan cumulonimbus atau dalam kejadian langka dari dasar awan cumulus dengan permukaan tanah. Tornado muncul dalam banyak ukuran namun umumnya berbentuk corong kondensasi yang terlihat jelas yang ujungnya yang menyentuh bumi menyempit dan sering dikelilingi oleh awan yang membawa puing-puing.
Umumnya tornado memiliki kecepatan angin 177 km/jam atau lebih dengan rata-rata jangkauan 75 m dan menempuh beberapa kilometer sebelum menghilang. Beberapa tornado yang mencapai kecepatan angin lebih dari 300-480 km/jam memiliki lebar lebih dari satu mil (1.6 km) dan dapat bertahan di permukaan dengan lebih dari 100 km.
 
 
JENIS-JENIS TORNADO
·         Supercell Tornadoes
Jenis tornado ini berasal dari badai supercell. Ciri utama dari badai ini adalah adanya udara yang berlapis-lapis, Dan juga tornado ini berotasi konstan .Tornado ini bertiup dengan kecepatan di atas 200 mph.

·         Waterspout Tornadoes
Jenis tornado ini terbentuk pada saat di permukaan air. Di Indonesia Waterspout tornado dikenal dengan puting beliung, Angin Tornado ini tergolong lemah dibanding tornado lain.

·         Landspout Tornadoes
Nama lain dari Landspout tornado adalah Dust-tube tornado, Tornado ini berlangsung lebih singkat dibandingkan supercell tornadoes, Dan juga Landspout tornado menghasilkan angin yang sangat kuat yang dapat menimbulkan kerusakan besar.

·         Gustnado
Gustnado dapat di definisikan sebagai tornado embusan. Ini adalah tornado lemah yang tidak berlangsung dalam jangka waktu yang panjang

·         Dust Devil
Dust Devil dapat diamati pada setiap hari-hari kering dan panas di tanah kering atau gurun.Biasanya Dust Devil terjadi pada pagi dan siang hari. Tornado ini berkecepatan 70 Mph

·         Firewhirls
Firewhirls sering disebut sebagai tornado api, firenadoes atau firedevils. Panas yang diciptakan oleh api atau letusan gunung berapi menyebabkan firewhirls. Kecepatan angin firewhirls biasanya di atas 100 mph

Dampak yang ditimbulkan akibat tornado dapat menghancurkan area seluas 5 km dan tidak ada lagi angin puting beliung/tornado susulan. Rumah akan hancur dan tanaman akan tumbang diterjang angin tornado, mahluk hidup bisa sampai mati karena terlempar atau terbentur benda keras lainnya yang ikut masuk pusaran angin. Jaringan telepon,internet, dan listrik akan terganggu akibat angin tornado, dan dapat merusak infrastruktur daerah/kota.

Refrensi :
http://www.scribd.com/doc/30019067/Tornado
http://forum.indogamers.com/showthread.php?t=324543&page=1

0 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Poskan Komentar