Kamis, 06 Oktober 2011

ASAL USUL MANUSIA


Asal usul manusia sering dikaitkan dengan teori evolusi. Evolusi secara sederhana didefinisikan sebagai perubahan pada seluruh bentuk kehidupan dari satu generasi ke generasi selanjutnya. Pada setiap generasi, organisme mewarisi sifat-sifat yang dimiliki oleh orangtuanya melalu gen.
          Pemahaman mengenai biologi evolusioner dimulai pada tahun 1859 dengan diterbitkannya buku On The Origin of Species karya Charles Darwin. Selain itu kerja Gregor Mendol pada tumbuhan juga membantu menjelaskan pola-pola pewarisan genetika. Hal ini kemudia mendorong oemahaman tentang mekanisme pewarisan.
          Para ilmuan kini memiliki pemahaman yang baik menenai asal usul spesies baru. Pandangan evolusi modern ini merupakan teori utama yang para ilmuan gunakan untuk memahami kehidupan.

GAGASAN CHALES DARWIN

          Darwin berpendapat bahwa manusia berasal dari kera. Karena manusia kera hidup di daerah tropis iklim didaerah tropis yang stabil.
          Charles Darwin mengembangkan gagasan bahwa setiap spesies berkembang dari nenek moyang yang sama. Dan pada tahun 1838 ia menjelaskna bagaimana proses yang ia sebut seleksi alam.
          Teori Universal Common Descent didasarkan pada prinsip-prinsip evolusi yang diajukan oleh Darwin. Teori ini lah yang sekarang umumnya diterima oleh para ahli biologi, yaitu leluhur bersama paling awal dari seluruh organisme yang hiudp dipercayai muncul sekitar 3,9 tahun yang lalu.
KEHIDUPAN AWAL MANUSIA

          Evolusi manusia merupakan bagian dari evolusi biologi yang mengenai munculnya Homo Sapiens. Beberapa typological spesies Homo telah berkembang. Termasuk Homo Erectus yang menghuni Asia dan Homo Neanderthalensis yang menghuni Eropa. Archaic Homo Sapiens berevolusi antara 400.000 dan 250.000 tahun yang lalu.
          Salah satu manusia purba yang ada di Indonesia adalah Meganthropus Paleojavanicus. Manusia purba ini memiliki ciri-ciri :
·        Tulang pipi yang tebal
·        Otot kunyah yang kuat
·        Tonjolan kening yang mencolok
·        Tidak memiliki dagu
·        Perawakan tegap
·        Memakan jenis tumbuhan
Selain Meganthropus Paleojavanicus, manusia purba yang pernah hidup di Indonesia adalah Pitthecantropus Erectus yang artinya manusia kera yang berjalan tegak. Ditemukan oleh Eugene Doboisdi Trinili pada tahun 1891. fosil yang ditemukan berupa tulang rahang bagian atas tengkorak, geraham dan tulang kaki. Jenis ini memiliki cirri-ciri sebagai berikut :
·        Tinggi badan sekitar 165-180cm
·        Volume otak berkisar antara 750-1350cc
·        Bentuk tubuh dan anggota badan tegap, tetapi tidak setegap Meganthropus
·        Alat Pengunyah dan alat tengkuk sangat kuat
·        Bentuk hidung tebal
Homo adalah genus yang terdiri dari manusia modern dan kerabat
Dekatnya. Genus ini diperkirakan berusia sekitar 2,3-2,4 juta tahun yalalu. Berevolusi dari leluhur Australopithesine. Munculnya Homo bertepatan kira-kira dengan permulaan dari Quaternary Glaction, awal dari zaman es

Refrensi :
http://id.wikipedia.org/wiki/Pengenalan_evolusi
http://id.wikipedia.org/wiki/Evolusi
http://id.wikipedia.org/wiki/Manusia_purba_Indonesia

0 komentar:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Poskan Komentar